9 Jan 2014

Garang Asem Ala Kudus

Resep garang asem ini resep favorit keluarga, karena selain mudah, hidangan ini cocok untuk anak saya. Dan yang pasti, tidak perlu lagi jauh-jauh ke Kudus untuk mencoba hidangan ini.

Garang Asem Kudus tanpa santan


Bahan:
- ½  ekor ayam kampung, potong kecil-kecil
- 50 cc santan kental (bisa menggunakan santan, bisa tidak)
- 500 cc air
- daun pisang yang telah dibersihkan

Bumbu diiris tipis:
- 5 butir bawang merah
- 4 siung bawang putih, keprak dan cincang halus
- 2 batang serai, ambil bagian putihnya saja, geprek
- ½  bonggol lengkuas muda, panjang sekitar 10 cm, rajang tipis
- 1 ruas jari jahe, iris tipis

Bumbu lainnya:
- 10 butir cabai rawit merah utuh
- 5 lembar daun salam, sobek kasar
- 5 lembar daun jeruk purut, sobek kasar
- 10 buah belimbing sayur, potong setebal 1/2 cm
- 2 buah tomat hijau, iris tipis
- gula pasir secukupnya (± 1 sdm)
- garam secukupnya (± 1 sdt)
- minyak untuk menumis

Cara membuat :
Tumis bumbu iris tipis, daun salam, daun jeruk dengan minyak hingga harum dan layu. Masukkan ayam, kecilkan api kompor. Aduk ayam dan bumbu hingga rata. Masak hingga ayam berubah warnanya. 

Tuangkan 250 cc air, masak ayam dengan api sedang hingga air hampir menyusut, tambahkan 250 cc air lagi dan masak hingga ayam empuk. Jika ayam kurang empuk, tambahkan air lagi dan masak hingga ayam menjadi empuk. 

Untuk yang menggunakan santan, tuangkan santan kental, aduk rata. Tambahkan garam, gula. Masak hingga harum dan matang. Cicipi rasanya, masak hingga kuah agak menyusut. Masukkan belimbing sayur , tomat hijau dan cabai rawit utuh.  Aduk rata.

Siapkan kukusan berisi air mendidih dan tempat tahan panas (pyrex) yang telah dialasi dengan daun pisang. Kemudian masukkan ayam dan kuah yang telah dimasak, kukus ± 15 menit. Keluarkan dari kukusan dan siah dihidangkan dengan nasi hangat. 

Tips :
-      Tanpa dikukus pun, garang asem ini bisa langsung dihidangkan.
-      Porsi anak : Cabai rawit utuhnya bisa dimasukkan terakhir, supaya rasa pedasnya tidak tercampur, dan tidak perlu dikukus lagi.



Reactions:

24 komentar:

  1. jadi pengen ke warung di kotaku yg terkenal dgn Garang asemnya mbak

    boleh dicoba nih resepnya :)

    BalasHapus
  2. aku tuh masih penasaran garang asem rasanya seperi apa mbak

    BalasHapus
  3. praktekin, ah

    kira2 pengganti belimbing sayur apa, ya? Di sini susah cari belimbing sayur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai air asam yg disaring jg bisa mb...

      Hapus
  4. garang asem itu rasa nya bagai mna sih,.?
    ko di tempat saya blum ada yah,,?
    apa karna di desa x yah,.?
    hehehehe,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti ada kok... mungkin namanya beda ya..

      Hapus
  5. tampaknya enak dan bahannya g terlalu sulit,, jadi pengen nyobain...:)
    tfs mbak anggi

    BalasHapus
  6. garang asem adalah fave saya .....

    BalasHapus
  7. Salam kenal mba.. aku orang kudus, memfavoritkan garang asem tapi blom pernah sekalipun bikin. Hihihi... kapan2 aku coba resepnya yaa...

    BalasHapus
  8. cocok nih pas musim hujan..anget anget segerr

    BalasHapus
  9. kebetulan bgt gi laper nih...
    ijin follow blognya ya

    BalasHapus
  10. wah kalau sudah bisa buat sendiri, kapan main ke kudusnya.

    Main ke pati juga sob. Biar bisa bikin nasi gandul juga hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nasi gandul juga enak pak. Saya pun suka...

      Hapus
  11. Ini enaaaaak. Dan sehat karena gak pake santan. Aku juga kalo bikin sukanya yang gak pake santan. Cuman nyari belimbing sayurnya itu yang kadang susah. :( Terakhir aku sampe minta ke temenku yang kebetulan punya pohonnya. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga minta tetangga sebelahku. Hehe...

      Hapus
  12. Aduh, mau cari orang jual begini di JKT ada gak ya? Secara daku emak pemalas hihihi

    BalasHapus
  13. wah asyik..lagi lagi resep...bisa di coba nieh..copas...yah :)
    TFS mbak :)

    BalasHapus