9 Sep 2008

Ternyata Puasa dapat Mendetoksifikasi Tubuh !!!

Ternyata Puasa dapat Mendetoksifikasi Tubuh !!!Anda tentu sudah mengenal istilah detoksifikasi atau pembersihan diri dari racun-racun di dalam tubuh. Mungkin Anda mengenal beberapa terapi atau cara mendetoksifikasi, mulai dari terapi air putih hingga hanya makan buah dan sayuran selama beberapa minggu bahkan berbulan-bulan.

Namun, tanpa Anda sadari selama bulan Ramadhan ini (bagi Anda yang berpuasa) merupakan salah satu terapi detoksifikasi. Proses detoksifikasi dengan cara berpuasa merupakan salah satu cara yang efektif dalam membuang racun dari dalam tubuh secara alami

Berpuasa selama sebulan atau paling tidak 30 hari, dapat membuang sekitar 90% racun yang ada di dalam tubuh dan akan terkuras keluar melalui urin, keringat dan feses. Namun, proses detoksifikasi akan percuma jika Anda tidak mengatur pola makan baik pada saat sahur maupun ketika berbuka.

Puasa membantu tubuh memasuki proses autolisis, yakni pengeluaran sisa-sisa metabolisme dan zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Pada saat itulah tubuh mengalami detoksifikasi atau pembersihan terhadap racun, jika dibiarkan terlalu lama, racun tadi akan menjadi penyakit.

Bahkan hasil penelitian oleh peneliti Institut Pasteur, Lille, Prancis, menunjukkan bahwa puasa dapat meningkatkan kolesterol baik dalam darah yang disebut dengan High Density Lipoproteins (HDL) sekitar 14.3%, dan menurunkan lemak trigliserol di sekitar 30%. Lemak trigliserol merupakan "bahan" pembentuk kolesterol jahat atau Low Density Lipoproteins (LDL) yang dapat merusak kesehatan.

Puasa selain sebagai sarana untuk mendetoksifikasi rohani, ternyata juga sebagai detoksifikasi jasmani. Jadi, ayo puasa supaya tetap sehat...!

---- So... jangan menganggap puasa sebagai beban, OK---
dedicated 4 my cousin in Jakarta
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar