27 Des 2011

Kasongan n pecel "Baywatch"

Yogya?? siapa yang tak kenal dengan kota Yogya... Nah, liburan kali ini, kami memutuskan untuk datang kembali ke kota Yogya. Namun ternyata tak semudah yang kami perkirakan, perjalanan memakan waktu hampir 6 jam, sampai di guest house pun sudah tengah malam. Agenda kuliner di malam hari pun kami lewatkan....
O iya, mau bercerita sedikit tentang guesthouse yg kami tempati. Namanya Tegal Panggung Guest House, milik keluarga Pak Budi. Awal kami memilih t4 ini, karena hotel2 di Yogya penuh semua, mungkin karena liburan sekolah dan perayaan Natal. Dan ternyata, kami tidak salah pilih.... Sewaktu di perjalanan kami di telepon sama pemilik guesthouse, untuk memastikan apakah kami tetap akan memakai kamar yg sudah kami pesan sebelumnya [ternyata banyak pengunjung yg ingin memakai kamar kami]. Kami memakai 2 kamar jenis standart room, dan harganya pun sesuai lho dgn harga di web, ga terpengaruh peak season. Sukanya dg web ini, t4 lokasi guesthouse pun dilengkapi dgn koordinat GPS yg semakin memudahkan kami dalam mencari.

[standart room]
[Athar in the corridor]

Tempatnya bener-bener membuat kami semakin betah, karena hampir semua layout dan furnitur nya full kayu dan batu alam. Rasanya jadi adeeemmm sekali.. Bener-bener rumah idaman, *lgs berkhayal memiliki rumah idaman spt itu....* , tp berhubung maintenance utk rumah yg full kayu dan batu alam sangat mahal, memupuskan harapan kami saat itu pula.
Selain itu, di sini disediakan pula sarapan pagi, menu sarapan pagi kami waktu itu roti tawar lengkap dengan selai, keju, dan mesesnya serta nasi dan bihun goreng, dengan minuman susu UHT Ultra dan jus Apel [cocok banget buat Athar... yippie...]. O iya, kopi dan teh juga disediakan lho. Ini cocok banget jika travelling dengan membawa anak yg masih balita, karena kitchen set disini bisa juga kita gunakan... Bener-bener berasa rumah sendiri euy...
Jam check in dan check out disini pun relatif fleksibel, karena menurut pemilik guesthouse/GH ini, selama belum terpakai/ada yang mau check in, ga masalah juga buat dia.
       Acara bermalas-malasan di GH pun kami sudahi, sambil merencanakan tujuan kami selanjutnya. Rencana mau membawa Athar ke Taman Pintar, namun hujan pun tak kunjung reda... Mau ke Malioboro kok rasanya sudah terbayang kemacetan di sepanjang jalan masuknya, belum nanti mencari parkirnya... Akhirnya kami putuskan untuk ke Kasongan, yang terkenal dengan keramik dan gerabahnya. Namun sebelumnya kami mampir dulu makan pecel "Baywatch".

[pecel "Baywatch" Mbah Warno]
Nah, ini susahnya... mencari warung pecel yg konon terkenal di daerah sini. Sempet pula di ulas di website yogyes.com, namun minus GPS yg membuat kami sempat kesasar. Ini bener-bener warung yaa... jgn membayangkan t4 makan ataupun semacam Raminten... :p. Semua yg dimasak disini masih menggunakan anglo. Menu fav dsini tak lain tak bukan ya pecel... Berasa di rumah makan Padang, karena semua lauk pauk disajikan di meja. Hmmm...
        Setelah perut kenyang, perjalanan kami lanjutkan berjalan-jalan di area kerajinan Kasongan. Ternyata kerajinan disini tidak serta merta kerajinan keramik dan gerabah saja, namun ada pula kerajinan dari kayu, batok kelapa, kaca. Maunya sey diborong semua buat menambah isi pernak pernik rumah, tapi jadi kepikiran, ini barang nanti mau ditaruh dimana, hehe..  *lirik papaAthar*. Alhamdulillah semua senang dg liburan kali ini, walaupun terkena macet sewaktu di awal perjalanan menuju ke Yogya.

Location:
1] Tegal Panggung Guesthouse, jl Tegal Panggung 39 Yogyakarta
    [GPS: S7°47'39.8" E110°22'14.9"]
2] Kasongan, desa Kasongan, Bantul
    [GPS: S7°50'47.3" E110°20'34.4"]
3] Pecel Baywatch
    [GPS: S7°50'23.96" E110°20'02.76"]

1. hi mbak salam kenal :)
    wah keren GH nya...coba saya tahu nya pas agustus lalu, pasti kami bisa ambil ini guest house kemarin sih agustus saya ambil guest house yang deket bandara pertimbangan karena landingnya pasti dah malam...males jauh jauh dari kota..kayaknya tempatnya ok..pecel baywatch hehehe..namanya keren :)
    thanks for sharing yah mbak..:)

2. pengin merasakan pecel baywatchnya :)

3. @Mama Kinan : Lam kenal juga...Emg kmrn dapet t4 nginep dimana?? Kl di bandara jauh dong kemana2...

@Ely : Assiik kok suasananya di t4 pecel.. (suasana desa lho...).. di warungnya masih ada ayam berseliweran... hehe.. Must try..

4. GHnya bagus ya mbak....
    jadi kangen pgn ke jogja...

5. asiiik ya, jadi pengen ke jogja tahun baru ntar hehe....

6. @Netta : iya.. enak homy banget...

@Sari : emg Jgj to bikin ketagihan untuk datang.. dan kembali lagi... :)

7. Guesthouse nya nyamana ya Mba... itu mah jadi betah ngamar kayanya.hihihi...

ngomongin pecel jadi glekk.. *nelen ludah sambil ngeces pengen... aku suka pecel. tp kok suamiku sing orang jogja boten ngertos pecel baywatch.hehe.. yowes aku makan pecel sambel pecel ibu mertuaku ajah ^ ^

8. Aku aja jg baru tau kok ada pecel di daerah Kasongan... *sambil kasih lap buat lap iler..

9. house 140 apa apa yah kemarin itu dapat dari internet ngambil yang famili room gitu yah standard, lumayan bersih, kebetulan cuman sehari nginep dan dijemput ma atungnya kinan jadi malem aja di GH, paginya langsung cabut buat jalan jalan, malamnya langsung lanjut ke Jawa timur, hometownku mbak..mungkin tahun 2012 kali kalo jadwalkan liburan lagi, tapi mosok ke yogya lagi hehhee..:) ada ide nggak nieh mbak liburan yang murah meriah..buat emak kinan hehhhe

10. Solo juga lumayan kok... Ga jauh2 juga kan...Hehe.. Ato di Batu (Malang jg byk t4 assikknyaa..) . Ato ke Semarang... Tar aku jadi guide-nya.. :)