6 Agt 2014

Tips Ketupat Lebaran

Ketupat lebaran

Tips membuat ketupat:

✔️Pilih beras pulen, tadi pakai beras organik.
✔️rendam beras ± 30 menit
✔️isi kira-kira 1/2 beras yang sudah ditiriskan ke dalam ketupat (jangan lupa rapatkan dulu anyaman janur ketupatnya)
✔️panaskan air hingga mendidih, kemudian tambahkan garam untuk menambah rasa gurih ketupat
✔️masukkan ketupat ketika air sdh mendidih . Ketupat harus benar-benar terendam semua yaaa...
✔️jaga jangan sampai air berkurang. Dan tambahkan air panas ketika air sudah mulai berkurang.
✔️untuk 6 ketupat butuh waktu ± 3 jam...
(tergantung banyaknya jumlah ketupat yg dimasukan bersamaan dan besar kecilnya ketupat).
Catatan : pilih selongsong dengan ukuran yang sama, supaya ketupat bisa matang bersamaan.
✔️tanda ketupat sudah matang, beras sudah memenuhi kulit ketupat dan jika ditekan  ketupat akan mengeras
✔️ketika sudah matang, angkat ketupat, dan siram dengan air matang suhu ruang (untuk menghilangkan air sisa-sisa rebusan karena sisa air rebusan cepat membuat ketupat basi
✔️kemudian gantung ketupat sambil di angin-anginkan, supaya air turun ke bawah dan ketupat kering.
✔️ketupat yang berlebih bisa disimpan ke dalam kulkas, dan dihangatkan dengan cara di kukus ketika akan disajikan..





Reactions:

4 komentar:

  1. saya belum pernah masak ketupat sendiri. Selalu mamah dan adik-adiknya. Tapi, waktu alm kakek masih ada, saya selalu bantuin bikin selongsong ketupat. Setelah kakek wafat, langsung berubah kebiasaannya. Beli jadi selongsongnya :)

    BalasHapus
  2. Lama banget toh bikin ketupat wkwk pantes ibuku males bikin. Biasanya beli jadi aja :D

    BalasHapus
  3. Sayang ngga ada Yang jual daun kelapa di sini mba

    BalasHapus
  4. assalamualaikum mbak anggi, aduh maaf baru mampir dah lama sekali nggak bw...
    waduh itu kan kalo ketupat masaknya lama sekali..aku kemarin pesan aja ada kawan yang tetangganya emang menyediakan jasa jual ketupat...*waduh emak males yah..:)

    BalasHapus