17 Jun 2013

Buttermilk Pancakes

Buttermilk Pancakes with honey

Resep ini disadur dari resep Affi- mommiesdaily yang diambil dari Foyupdate... Tips-tips dari Affi dan Foy cukup jelas, namun sangat susah diterapkan, hehe... Bahan-bahan nya cukup simple, dan karena Buttermilk susah didapatkan, nanti akan ada step2nya... Thx to Ai yg mau  ajarin step-stepnya...

Bahan-bahan
  • 2 cups tepung terigu
  • 3 sdm gula pasir
  •  2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1/2 sdt garam
  • 2 cups buttermilk
  • 3 sdm mentega tawar yang dicairkan
  • 1 butir telur berukuran besar
  • minyak untuk menggoreng

Cara membuat Buttermilk:
Di resep tertulis 2 cups, berarti penggantinya: 2 cups susu cair + 1 sdm air perasan lemon.
Susu cair yang digunakan adalah susu cair Full Cream yang dihangatkan (tidak perlu sampai mendidih, cukup hangat), kemudian dicampurkan dengan perasan lemon (atau bisa juga menggunakan cuka). Diamkan 5-10 menit, dan nanti akan mengental dengan sendirinya. Aduk sebentar sesekali, biar kentalnya merata.

Cara :
  • Campurkan bahan-bahan kering di sebuah mangkuk besar dan aduk rata. Buatlah “lubang” di tengah-tengah mangkuk tersebut.
  • Campurkan bahan-bahan basah di mangkuk lain, aduk rata.
  • Tuangkan bahan basah ke tengah-tengah mangkuk berisi bahan kering, aduk sampai rata sampai bagian adonan tercampur agak “basah”, walaupun masih terlihat lumps atau gumpalan-gumpalan, sudah cukup kok. Tidak perlu diaduk lagi
  • Siapkan penggorengan, tuang 2-3 sendok makan minyak goreng, panaskan penggorengan kira-kira 3 menit di atas api sedang (medium-low).
  • Tuang ¼ - ½  cups  sendok adonan ke penggorengan. Karena adonannya kental sekali, gunakan sutil untuk sedikit “melebarkan” pancake tersebut, dan jangan ditekan.
  • Angkat dan putar sedikit penggorengan supaya minyak mengalir ke sekeliling pancakes. Ini membuat pinggiran pancake jadi crispy!
  • Goreng pancake selama kurang-lebih 2 menit, atau sampai kecoklatan, balik dan masak sisi lainnya sampai matang.
  • Hidangkan saat hangat bersama maple syrup, madu, atau milk jam. 
Tips  yang perlu diperhatikan pada saat mencampur adonan (do not over mix), cukup sampai basah dan pada saat menggoreng untuk menghasilkan pancake yg fluffy.
The old baker's trick : diamkan selama 1 jam utk mendapatkan suhu ruang dan dapat menambah volum  pancake menjadi fluffy.




Reactions:

34 komentar:

  1. haduh mama athar..selalu ngefans ama postingan resep2mu...aku tuh selalu selalu saja males kalo bereksperimen kue kue untuk cemilan...by default selalu saja yang gampang gampang kayak bolu boluan gitu hehehe..thanks resepnya mbak..:)

    BalasHapus
  2. ini kan snack yang sering disajikan di pelatihan kerja kak. Jadi namanya buttermilk too. Memang rasanya enak banget sob.

    Sudah sering makan, tapi baru tahu namanya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya pancake, kl buttermilk lebih ke bahan dasarnya yg memakai buttermilk..

      Hapus
  3. numpang sarapan disini ah :) enak ya pancakesnya

    BalasHapus
  4. Wah,,nama panggilan anak saya juga athar :D
    Salam kenal athar...:)

    BalasHapus
  5. wah ... resepnya boleh jg mbak pakai buttermilk, pasati mama sama suamiku suka nih :)

    BalasHapus
  6. Iya nih mba nyari Buttermilk susah, apalagi di sini di kota kecil :( Ternyata bahan-bahannya mudah didapat dan bikinnya kayanya ga ribet ya mba :)Btw, kenapa cara naro adonan basahnya harus ditengah-tengah lubang adonan kering mba? Maaf mba, nubie :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saja kalau menurutku Niek, mungkin biar merata dan lbh mudah mengaduknya ya.. CMIIW

      Hapus
  7. Balasan
    1. Sini May... Tar aku bikinin satu... ;p

      Hapus
  8. Ngiler jadi pengen coba, TFS mbak :D

    BalasHapus
  9. Aku kemarin bikin pancake ga pake buttermilk Nggie.. Hasilnya gendut2 banget. tapi kayaknya karena aku masukin baking powder (atau baking soda) kebanyakan ya.. hahaha.. tapi enak juga.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp kl buat bumil.. sesuai dong Beb... Hahaha... *biardedeknyajgcepetgendut

      Hapus
  10. hallo apa kabar mbak ? sdh lama juga y ablom ada cerita bar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduuuh... di ingetin deh ma mb Ely... Sudah ada kok mb.. *winkwink

      Hapus
  11. bookmark dulu, biasanya istri nyari resep. apalagi kalo pancake, kayaknya enak neh. tapi tetep aja, tiap masakan tergantung siapa dan seberapa lama pengalamannya masak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mas... Kalau sudah jadi bisa dikirim dong...

      Hapus
  12. Kalo pancake aku paling suka dimakan sama selai blueberry. Enyaaaak. :D
    Tp dasarnya gw kadang malesan orangnya, jd suka nyontek resep yg di kemasan terigu itu ajah. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hasilnya tetep sama2 masuk di perut ya, hehehe...

      Hapus
  13. OMG.....itu pancake nya ginuk2 sekali, menggiurkan

    BalasHapus
  14. looks so yummy. we love dessert. thanks for sharing the recipe.

    BalasHapus