4 Sep 2013

Lombok

Bulan Agustus kemarin, saya berkesempatan untuk mengunjungi Lombok untuk ke-2 kalinya. Namun perjalanan kali ini dalam rangka dinas kantor. Tapi, yang namanya dinas kantor, tetap wajib yang namanya wisata kuliner dan mencari buah tangan untuk dibawa pulang nanti.
Acaranya di laksanakan di hotel Jayakarta, di daerah Senggigi, kurang lebih Rp.130 rb kalau naik taksi dari bandara. O iya, bandara di Lombok ternyata sudah pindah di daerah Lombok Tengah, sudah bukan di Selaparang lagi yang berada di kota Mataram. Cukup jauh juga lho....

Bicara tentang fasilitas hotel, langsung jadi ingat anak yang di rumah dong.... Selain view hotel ini langsung ke pantai Senggigi, fasilitas anak disini cukup banyak... Ada kolam renang anak, kolam renang pasir untuk anak, (sand pool), playground dan sewa sepeda untuk anak... Huhuhuuuu.. sedih deh rasanya kalau lihat semua kesukaan anak, tapi anaknya di rumah...

(view dari hotel)

(view dari restaurant Hotel)

(sand pool)

(kolam renang anak)

(playground dan jogging track)

Untuk wisata kuliner sebenarnya juga sudah disediakan di menu makan malam di hotel, ada Beberuk, Olah-olah, dan tak lupa Plecing Kangkung... Kalau itu wajib hukumnya... :)
(makanan khas Lombok)


Kuliner lain yg wajib dicoba ya Ayam Taliwang. Yang cukup terkenal di Rumah Makan Taliwang Satu, Jl AA Gde Ngurah No 26, telp (0370) 622394, Cakranegara. Ada 2 versi, mau dibakar atau di goreng. Kalau mau dibawa pulang, lebih baik pilih ayam yg digoreng. Jangan lupa pula membeli makanan khas Lombok utk dibawa pulang, namanya dodol rumput laut. Yg cukup terkenal dsana Phoenix, konon RI 1 jg sampai kesana. Dan bbrp teman dsana menganjurkan untuk membeli tahu khas Lombok n telur asin.

Wisata belanja di Lombok cukup variatif, ada mutiara, kain tenun khas Lombok, kerajinan anyaman bambu, gerabah atau souvenir baju/kaos Lombok. Kalau mau ke pusatnya mutiara, bisa datang ke Sekarbela dan Karang Genteng, tapi kl mau cari lebih lengkap (semua ada dalam satu tempat), bisa menyusuri samping mataram Mall, karena disana ada beberapa kios yg menjual souvenir khas Lombok. 
Nah, karena waktu itu masih ada sisa waktu sblm pesawat take off, kurang lebih 2,5 jam, jangan lupa mampir ke desa wisata Sade. Dusun Sade yg terletak di desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah masih menyuguhkan suasana perkampungan asli pribumi Lombok yaitu suku Sasak. Itu bisa dilihat dari bentuk bangunan rumah suku Sasak asli yg ada disana, bangunan rumah yg beratapkan ijuk, dengan tembok dr anyaman bambu dan beralaskan tanah. 


(rumah suku Sasak)


(souvenir di dusun Sade, Lombok)

(permukiman suku Sasak di dusun Sade, Lombok)
Dan ternyata , masih banyak yg belum sempat didatangi di Lombok... Pantai-pantai (Kuta, Seger, Aan) dan wisata kuliner lainnya seperti bulayak, nasi puyung, dsb.
Namanya juga sambil menyelam minum air... Sambil bekerja, jangan lupa menikmati keindahan wisatanya ya...
Reactions:

26 komentar:

  1. walaupun dalam rangka kerja tapi masih bisa bersenang2 ya asyik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb Lidya, wajib hukumnya kalau itu...

      Hapus
  2. wah .. kebayang ya mbak andai anak anak pada ikut :)

    itu nama menunya msh asing buatku mbak kecuali plecing kangkung, kayaknya enak enak semua ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak semuanya mbak, mungkin karena rasa terasi khas Lombok yg bikin tambah lezat mb...

      Hapus
  3. Pantai senggigi kan terkenal sekali. Pernah digunakan syuting film ftv kalau nggak salah. Tempatnya masih asri sekali ya kak.

    Plecing kangkung rasanya kayak tumis kangkung nggak sob?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda bgt mas... lebih enak plecing deh kl saya... bumbunya lebih sedep..

      Hapus
  4. Huaaaaaa..l ayam taliwang...kangen banget pingin makan ayam taliwang lagi. Aku pernah ke Lombok cuma 1x Nggie, nGikut tur gt.. Dan diajak juga makan ayam taliwang.. Enaaaak.. Tapi ga tau di resto apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak kok di Lombok yg jual ayam taliwang, tapi emang ukuran ayamnya kecil2 ya??? Satu orang bakal habis kl 1 ekor, hehe...

      Hapus
  5. pengen bgt sy ke lombok. kyknya kl bs ke sana yg bakal sy coba itu ayam taliwang sm plecingnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayam taliwang ma plecing kangkung wajib dicoba lho...

      Hapus
  6. Gak ke pulau Gili mbak. keren lho dan gak jauh dari Senggigi. Met kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemaren ga sempat kesana, masih ngikut rombongan yang lain...

      Hapus
  7. enaknya...kerja sambil jalan-jalan hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dibuat enak mb... kerja oke.. refreshing juga oke...

      Hapus
  8. huaaaa kapan bisa ke lombok T_T *lirik suami* :D pantainya itu yah eksotis bener mbak..

    Salam kenaal mbak ^.^ eniwei nama anak kita sama, Athar. hehehe

    BalasHapus
  9. sungguh indah pesona wisata di lombok, bahkan dalam hal keindahan alam malah bisa jadi lebih bagus lombok ya daripada bali, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya .. Masih banyak yg bs dinikmati keindahan alamnya

      Hapus
  10. Waa hotel deket pantai. Ini bali versi sepi kali yah, belum banyak permak dan ramai manusia. Smoga nanti athar bisa kesini bareng mama yaa :)
    Ayam taliwang dan telor asin, favorit banget itu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... Semoga bs segera kembali ke sini...

      Hapus
  11. Memang yang paling bisa dinikmati tuh kalo jalan2 bareng anak ya, biar kata rempong, tapi bener deh, nikmatnya luar biasa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Lis... Meskipun rempong tp tetap nikmat...

      Hapus
  12. Balasan
    1. iya.... rasanya pengen kembali ke sana lagi

      Hapus
  13. justru jalan2nay yang paling ditunggu :D

    BalasHapus