6 Feb 2013

Punakawan Coklat

Liburan weekend kemarin, ada acara pagelaran Roti dan Cokelat di Mal Paragon Semarang. Di sana ada pemecahan rekor MURI patung punakawan dari cokelat asli (jenis master baker dark) seberat 1,9 ton.
patung cokelat Semar
patung cokelat Gareng dan Petruk
Pada tahu tokoh Punakawan ga??? Punakawan itu merupakan pengikut dari ksatria (=sahabat sekaligus penasihat) yang ada pada tokoh pewayangan, mereka itu adalah Semar, Petruk, Gareng dan Bagong. 
Athar dan patung cokelat Semar
Semar memiliki bentuk fisik yang unik dan penuh makna. Bentuk fisiknya seolah-olah merupakan simbol penggambaran jagad raya. Salah satu ciri fisiknya adalah berkuncung putih, kuncung putih itu sebagai simbol atau memiliki arti pikiran, gagasan yang jernih atau cipta.

Gareng
Gareng memiliki ciri fisik bermata kero, bertangan cekot dan berkaki pincang. Ketiga ciri fisik itu memiliki arti atau menyimbolkan rasa. Mata kero berarti kewaspadaan, tangan cekot berarti ketelitian dan kaki pincang adalah kehati-hatian.

Petruk
Kedua tangan petruk menjadi ciri khasnya. Tangan depan menunjuk, memillih apa yang dikehendaki, dan tangan belakang menggenggam erat-erat apa yang telah dipilih. Ini menyimbolkan atau berarti kehendak, keinginan dan karsa.

Bagong
Kelima jari Bagong terbuka lebar yang menyimbolkan selalu bersedia untuk bekerja keras.

Sumber di ambil dari sini.

Nah, kebayang ga kalo harga cokelat itu per kg nya Rp.35 ribu, dan untuk patung cokelat itu membutuhkan sebanyak 1,9 ton cokelat. Hmmmm....Dan, pemecahan rekor MURI ini, sekaligus sebagai pencanangan Visit Jawa Tengah  2013.
 
Nah... yang paling rame ya ini... Parade Athar yg ingin menirukan tokoh Punakawan. Monggo... *Atharmodeon...
Gaya Athar meniru Bagong
 
 Gaya Athar meniru Gareng

Gaya Athar menjadi Semar
Reactions:

26 komentar:

  1. waaah lucunya gaya athar meniru bagong.... ...

    BalasHapus
  2. Mauuu coklatnyaaah, eeh pahit kali yaa...

    gaya Athar ngikutin semar kok sambil jongkok gitu, nak?? sehat teruss ya athar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... Iya... salam buat kak Ara yaaa.. *hugnkiss

      Hapus
  3. Balasan
    1. Hihihi... iya, yg nonton jg jadi geli lihat tingkahnya..

      Hapus
  4. Athar lucu skali, jgn terlalu mirip nirunya nanti punakawannya minder, hihihi....Btw ngiler pengen icip coklatnya deh ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi... iya ney... bikin ngiler penonton jg dsana..

      Hapus
  5. ahli meniru ya Athar lucu. mbak aku mudik kesemarang tgl 7-11 agustus nanti :) Insya Allah kalau bisa ketemuan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas lebaran ya mb... *noted . Ditunggu ya kabar selanjutnya...

      Hapus
  6. Ya ampun Athar... All out banget yaa niru2nyah.. Hihihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tante... Ditunggu cookies buat Athar ya ..

      Hapus
  7. hihihi si athar lucu... :D

    keren juga ya patung punakawannya dari coklat. gimana bikinnya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl bikinnya ga tau jg Man.. Kl dr ceritanya sey.. pake cetakan coklat yg khusus dibuat utk itu... Kita tahunya lgs sdh jadi dan dipamerin di sana..

      Hapus
  8. ih, keren. itu kalo dicairin coklatnya jadi segimana banyak ya? :D

    Hihihi... Athar iseng aja niru2in :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia yg ga diberitahu kapan dicairin coklatnya, hehe

      Hapus
  9. hehehe, jago meniru ya..
    ^_^
    itu coklatnya blh di colek gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bisa dicolek... karena ada tali pembatasnya... Takutnya tar byk yg colek, lama2 abis deehh

      Hapus
  10. Wow .. gaya Athar menirukan itu lucu mbak :)

    itu coklat gimana ya mbak kok nggak bisa leleh ? khan panas sekali di sana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang temperatur ruangnya juga harus dijaga mb... Dan jenis coklatnya jg coklat tertentu yg ga gampang leleh.. *infodrsana

      Hapus
  11. waaah...
    boleh dimakan ga tuuuh...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya ga deh, walaupun bahannya coklat murni..

      Hapus
  12. Lucu, Athar lucu. Hahaha. Mimik mukanya ituw loh.
    Oh, tahun ini Visit Jawa Tengah ya. Baeklah, kalo pulang kampung dimaksimalkan. :D

    BalasHapus
  13. wah nama mall nya kayak mall di singapore...Paragon Mall di orchard hehehe.. walah malah OOT..
    itu gaya athar lucu saat menirukan punokawan...dulu aku suka lihat ria jenaka mbak yang punokawan itu diacara TVRI..jadul banget yah ...hehehe

    BalasHapus
  14. hihihihi.... Athar gayanya sama persis dengan patung nyaa...

    BalasHapus