5 Feb 2014

Ikan Asin Pakang Sambal Ijo Padang

Ini resepnya Echie yg didapat dari Ai.. Thx to Ai yg mau share resep ini ☺️☺️


Bahan: 
100 g cabai hijau besar, buang tangkainya (kurleb 6-7 biji)
6 butir bawang merah - resep 5 butir
1 sdt garam 
1sdm kaldu bubuk - skip, ganti dg terasi secukupnya
1 sdm air jeruk nipis 
2 sdm minyak sayur 
4-5 buah tomat hijau, iris tipis - resep 3 bh 
1/2 sdt gula pasir 
50 g ikan asin pakang, goreng - resep teri jengki/teri tawar

Cara membuat sambal cabai hijau padang: 
* rebus cabai hijau hingga lunak. Angkat. 
* Tumbuk kasar-kasar cabai hijau bersama bawang merah, terasi dan garam. 
(Biji cabai hijau dibuang, di sisain satu cabai dg bijinya)
* Perciki air jeruk nipis, aduk rata. 
* Panaskan minyak, tumis cabai hijau tumbuk, aduk hingga harum. 
* Masukkan tomat hijau dan gula pasir, aduk rata. Angkat. 
* Masukkan ikan asin yg sudah digoreng, aduk rata. Sajikan.

Note :
Bisa ditambahkan petai bila suka. ;) 
Reactions:

28 komentar:

  1. Lado ijau sumbar taruih mambuek ambo sakik paruik. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... Dibuang dong biji cabainya, supaya tidak terlalu pedas

      Hapus
  2. Dimakan sama nasi hangat + teh manis ... wah mantapp banget !

    BalasHapus
  3. aku kadang2 cabai hijaunya di kukus mbak, tapi kalau malas ya aku rebus supaya cepat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb.. kl dikukus emg lebih lama masaknya..

      Hapus
  4. duh adduh... bikin ngilerrr... saya sukaaaaa sekali ikan asin sambel ijo ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak... dicoba aja bikin ndiri ...Mudah kok

      Hapus
  5. wah .. kebayang dimakan samanasi kebul kebul dan muluk lagi ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb... Enak banget kl pakai nasi kebul-kebul

      Hapus
  6. Uooohhh...bikin ngiler ditengah hujan begini, bisa delivery gak mak? *sambil kabur*

    BalasHapus
  7. Waaaaah..
    tambahin nasi putih yg pulen baru mateng, pasti dah makannya berkeringan...mantab

    BalasHapus
  8. langsung ngences, kebayang makan pake nasi putih angeet... sedaaap

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Iya Myr... Jadi ikutan laper deh.. Maap ya... :D

      Hapus
  10. hhemmmz jadi ngiler pengen makan aku sob.

    BalasHapus
  11. Kebayang enaknya. Aku suka bikin model beginian juga tapi diganti pake terong, tempe dan pete. Sedep juga hihi :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb... tinggal isinya saja disesuaikan dg kebutuhan...

      Hapus
  12. Maasya Allah :) suami saya suka banget ikan asin, mbak. Mau copy resep ah :D jazakillah mbak anggie~

    BalasHapus
  13. hmmm yummy..ngiler nieh..tadi di kantin ada ikan asin di oseng sama terong dan sambel...
    yang ini kayaknya bikin yummy..copas resep yah jeng :)

    BalasHapus
  14. waww yummy...jd laper

    BalasHapus